Sabtu, 01 Juni 2013

Pesan Untuk Kampus Masa Depan

Jadi sebenernya hari ini sehari sebelum ulangan semester 2. ya, besok itu sebenernya semesteran. ga tau kenapa, padahal saya udah ga ngeblog hampir sekitar 6 bulan. soalnya terakhir saya ngeblog pas semester satu. itu juga soalnya gara - gara tuntutan tugas doang. tapi hari ini saya ngeblog lagi. saya sebenernya lagi gundah, sedih, jadi mau curhat. ga tau curhat ke siapa, jadi ngeblog aja.


saya udah mau kelas 12, berarti saya udah mau lulus. berarti saya harus lanjut ke universitas atau sekolah sejenisnya. pertanyaannya, apa saya bisa jadi mahasiswa kampus yang saya pengen banget. apalagi ibu ga ngerestuin saya kuliah disitu. saya pengen banget kuliah di UGM. sebenernya sih saya pengen kuliah di jogja, tapi ibu ga ngebolehin yang swasta, jadi saya nyari yang negeri. dari smp saya udah pengen banget bangeeett kuliah di UGM. tapi ibu ga ngijinin kuliah di jogja. pas saya bilang saya mau kuliah di ugm dan saya bakal berusaha buat bisa kuliah di situ, ibu malah bilang "emang kamu yakin bisa masuk situ ? pede banget sih kamu, saingannya itu berat, itu universitas bagus, kok kamu yakin banget bisa masuk situ ?"
pas ibu bilang gitu, emang sih awalnya saya tetep semangat, saya bilang ke diri saya sendiri, saya harus berusaha, saya bisa kuliah di UGM, saya bisa. cuma sekarang saya pikir pikir lagi emang bener apa yang ibu bilang itu. apakah saya bisa jadi mahasiswa UGM ? dengan saingan seluruh indonesia, ini semua bikin saya down. apalagi liat kakak kakak kelas saya yang tahun ini lulus. dari hasil snmptn, dikit doang yang keterima di ugm dan itupun dari ipa, sedangkan saya ips, saya makin takut aja, kebanyakan dari mereka masuk unj, dan ibu saya itu pengen banget banget saya di unj. sedangkan saya sendiri ga mau kuliah di unj. saya pengen bisa lebih kenal banyak daerah. ga cuma jakarta tangerang depok gitu gitu doang. saya pengen bangeett bisa ke jogja. padahal kalo bisa bilang ke ibu, saya mau bilang, "bu, yang mau sekolah kan saya bu, kalau ibu malah maksa saya masuk universitas yang sama sekali saya ga berminat, coba ibu pikirkan apakah nanti saya bisa mengikuti pelajaran dengan sepenuh hati ? biarkan saya memilih bu. saya butuh dukungan dari ibu dan keluarga. ibu bilang saya harus mandiri. ibu bilang saya harus bisa mengurus diri sendiri. kali ini saya berusaha mencoba untuk mandiri seperti yang ibu bilang. ibu tidak mengizinkan saya kuliah di univ. swasta, saya oke, saya akan berusaha kuliah di PTN, saya juga punya PTN pilihan saya bu. saya juga punya impian, saya punya cita cita. biarkan saya mewujudkan cita cita saya bu, biarkan saya mengembangkan cara berpikir saya. dengan hidup di lingkungan baru yang sama sekali saya belum pernah membayangkan bagaimana jadinya, pasti aka lebih membuka pikiran saya bu. saya mohon pada ibu untuk mendukung saya. saya hanya meminta itu."

sebenernya kasus ini hampir sama seperti saat saya mau masuk SMA. ibu menginginkan saya di SMA 7, tapi saya sendiri ingin di SMA 8. saya berdoa setelah selesai UN semoga nem saya bisa cukup untuk bisa masuk SMA 8, karena jalur offline masuk SMA 8 sudah ditutup dan saya baru tau setelah sehari ditutupnya pendaftaran tes. jadi pada saat itu harapan saya tinggal nem, saya tidak keberatan walaupun nem saya jadi yang terendah di SMA 8, saya hanya ingin nama saya benar benar tercantum sebagai siswa SMA 8. setelah nem saya keluar, AlhamduLillah ternyata saya mendapatkan nem yang lebih dari perkiraan saya. terimaksih ya Allah. setidaknya dengan nem saya yang segitu saya bisa masuk SMA 8, malah ada guru saya yang menyarankan untuk masuk SMA 1 saja, tapi saya tidak mau, sungguh SMA 8 sudah menjadi tujuan saya dari semenjak masuk kelas 9. tapi ibu saya, walaupun nem saya bisa untuk masuk SMA 8, beliau tetap ingin saya masuk SMA 7. pada hari pendaftaran, hati saya gundah, harus saya tulis apa dikertas itu. saya menginginakn SMA 8, tapi ibu menginginkan SMA 7, akhirnya saya mengikuti kata hati saya, saya merasa semua pilihan ini apapun yang terjadi saya yang tanggung jawab, bukan ibu saya, saya juga tidak ingin merepotkan ibu. akhirnya saya menulis SMAN 8 TANGERANG. dan pilihan kedua SMAN 7 TANGERANG. ketika pengumuman diterimanya saya di SMA, ternyata AlhamduLillah saya diterima di SMAN 8. tapi disitu saya sedih, apakah ibu akan marah dan murka pada saya. saya juga takut akan terjadi apa apa selama saya sekolah disana, karena ibu tidak merestui. saya sempat berpikir untuk mengganti pilihan. tapi teman teman yang lain bilang tidak usah karena ini sudah hari hari akhir belum tentu diterima juga di SMA lainnya. akhirnya saya bilang pada ibu, terlihat dari raut muka ibu, ibu sedih tidak setuju dan kecewa. tapi akhirnya ibu setuju dengan berat hati mendukung saya di SMAN 8. sebenarnya alasan ibu ingin saya di SMA 7 adalah SMA 7 dekat dari rumah, sebenarnya tidak dekat juga, tapi satidaknya saya bisa naik bus ke SMA 7. kalau dari jarak sbenarnya, SMA 7 malah lebih jauh, hanya saja ada bus yang lewat SMA 7 dan rumah saya, jadi ibu merasa seharusnya bisa lebih dekat. padahal SMA 8 jauh lebih dekat. dan sekarang saya di SMA 8, saya tidak menyesal dan saya sangat bersyukur bisa sekolah disana. benar benar tidak ada penyesalan dan sangat sangat bersyukur saya menjadi bagian dari SMAN 8 TANGERANG.

semoga saja kelak saat saya kuliah saya bisa dapat UGM, dan mudah mudahan dengan begitu ibu saya akan luluh dan mengizinkan saya kuliah di UGM karena ibu juga paasti tau itu unersitas bagus. semoga saja, aamin ya Allah. untuk itu saya harus lebih tekun lagi saya harus lebih rajin belajar lagi, agar saya bisa mendapatkan universitas impian saya. dan besok adalah penentuannya, besok sudah mulai ujian dan saya harus berusaha untuk esok hari, semoga nilai saya bisa memenuhi kriteria untuk masuk jurusan psikologi UGM. kalaupun harus melalui sbmptn, semoga saya bisa mengerjakan soal soalnya sebaik mungkin dan dapat berjalan dengan lancar. semoga saya bisa kuliah di UGM, sama seperti saya bisa sekolah di SMAN 8 Tangerang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar